Pengusaha Ciputra menyatakan, wirausaha merupakan kunci untuk memecahkan tiga masalah fundamental yang dihadapi Indonesia hingga saat ini. Ketiga masalah tersebut yaitu korupsi, pengangguran dan kesenjangan sosial.

Chairman Grup Ciputra tersebut menyatakan, saat ini Indonesia merupakan negara yang telah maju dalam berbagai bidang. Akan tetapi, Indonesia masih memiliki masalah fundamental yang dari dulu hingga kini belum bisa terselesaikan.

“Indonesia sudah maju dalam segala bidang. Tapi masih ada yang jadi masalah, pertama korupsi, kedua pengangguran, dan ketiga kesenjangan sosial,” ujar dia di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Kamis (28/9/2017).

‎Namun, Ciputra menyatakan, dirinya memiliki solusi ampuh untuk mengatasi ketiga masalah ini, yaitu wirausaha. Bahkan, hal tersebut telah disampaikan secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

‎”Saya berikan masukan ke Presiden, saya punya formula yang manjur untuk itu, yaitu entrepreneur. Kalau Indonesia jadi negara entrepreneur, pasti tiga hal itu akan berkurang,” kata dia.

Dia menuturkan, wirausaha akan menciptakan ekonomi yang kuat bagi negara dan masyarakatnya. Jika ekonomi masyarakatnya sudah kuat, maka tidak ada lagi keinginan orang untuk melakukan korupsi.

“Kalau ekonomi kuat, korupsi tidak akan ada. Kalau jadi entrepreneur, mereka sudah tidak mau korupsi. Karena tujuan orang korupsi, arena mereka ingin menjadi kaya,” ungkap dia.

sumber: Liputan6